Mengapa Banyak Orang Susah Mencari Pekerjaan & Banyak Pula HRD Kesusahan Mencari Kandidat Potential?

Selamat pagi !


Ini artikel pertama saya menggunakan bahasa indonesia , entah mengapa saya ingin menulis dalam bahasa indonesia mengenai topik ini. Mungkin , karena saya melihat banyak disekitar saya berkeluh kesah kesusahan mendapat pekerjaan saat ini. Entah saya melihat di Media Masa, Teman atau Saudara sendiri, atau bahkan orang yang baru saya kenal. 

Jadi kenapa:
Banyak orang susah mencari pekerjaan, dan banyak perusahaan (baca: HRD) kesusahan untuk mencari kandidat yang potential ?

Okey, saya akan berusaha menjabarkannya dengan beberapa contoh kasus. Jadi, karena pekerjaan saya yang notebene adalah HRD di Manufaktur, kadang saya merasa kesusahan untuk mecari "kandidat potential" yang memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Finally saya akhirnya paham, 

Mengapa HRD kesusahan untuk mencari kandidat potential sesuai kebutuhan perusahaan?

Banyak pelamar yang melamar ke perusahaan tidak sesuai dengan kualifkasi yang dibutuhkan, baik dari latar belakang pendidikan , latar belakang pengalaman pekerjaan terakhir atau bisa jadi dari perbedaan unit bussines perusahaan terakhir. Contoh kasus seperti ini :
  • Lulusan Teknik Tenaga Nuklir melamar pekerjaan sebagai Administrasi Keuangan
  • Mantan Quality Control melamar pekerjaan sebagai Staff HRD
  • Mantan Perawat dari Rumah Sakit melamar pekerjaan di Sebagai staff di Manufaktur (Baca:Pabrik)
Bisa jadi penyimpangan terjadi dari ketiga kasus tersebut dan masih banyak lagi contoh penyimpangan lain yang saya temui di pekerjaan saya selama 3 tahun ini.

Jadi, bagaimana menurut kalian semua, apakah dari 3 contoh riil diatas, apa ada diantara kalian pernah mengalaminya? 

Berhati-hatilah , kalau sudah pernah melakukannya, karena perusahaan-perusahaan besar tidak akan memanggilkalian. Hanya perusahaan kecil yang pada akhirnya akan memproses surat lamaran kalian. Wah, tambah susah lagi donk sebagai pelamar mencari pekerjaan di perusahaan besar ? Kalau susah mungkin saya bilang tidak, tapi butuh kegigihan dan trik tertentu supaya lolos seleksi awal. 

Beberapa trik supaya mendapatkan pekerjaan sesuai yang kita inginkan (Gaji lumayan, masa depan/karir jelas dan perusahaan stabil)

Pilih Jurusan Kuliah sesuai dengan Passion'
Sebelum memutuskan untuk kuliah di jurusan yang kalian pilih sesuai dengan passion kalian, perhatikan, apakah setelah memilih jurusan sesuai dengan passion kalian, kalian yakin bisa dan komit untuk bekerja di bidang yang terkait di jurusan tersebut? Misal: Kalian memiliki passion Traveling, lalu mengambil jurusan ke-pramugarian / penerbangan / pariwisata, lalu setelah lulus, pada kenyataannya ketika memilih pekerjaan terkait di bidang tersebut, kalian baru merasa tidak bisa bekerja dengan jam kerja shift/longshift , pekerjaan yang tidak pasti jam nya dan menyebabkan jarang pulang atau tidur dirumah.Nah, ini bisa jadi boomerang' kan. 

Lamar Pekerjaan berdasar Passion & Background Pendidikan
Ini sangat penting! Saat kalian sudah kuliah dan pada akhirnya lulus, kalian tahu kan arah tujuan kemana kalian akan bekerja. Jadi, lamarlah pekerjaan sesuai dengan jalur kalian. Sesuai Background. Yang terpenting juga sesuai passion.Jangan sampai, kalian melenceng dari jalur, karena akan mempersusah mendapatkan pekerjaan yang bagus. Kalaupun ada, mungkin hanya pekerjaan 'biasa' diperusahaan 'biasa' , atau bisa jadi kalian pada akhirnya akan merasa tidak nyaman nantinya dengan pekerjaan yang kalian kerjakan. Lalu,
Susah tidak mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion tapi juga background pendidikan ? untuk yang ini akan saya bahas di postingan berikutnya ya..

Perluas Link (Networking) Pertemanan & Pengetahuan
Yang terakhir ini juga penting, Networking yang saya maksud disini, bukan dilihat dari seberapa banyak ya jumlah teman atau kenalan yang kalian punya. Tetapi, orang-orang seperti apa yang kalian kenal. Perluas networking dengan orang-orang yang sudah bekerja di bidang apapun, karena semakin banyak tahu akan banyak hal, akan semakin memperkaya pengetahuan kalian. Terutama memperkaya di hal-hal yang terkait background pendidikan dan passion kalian. 

Kalau saya sarankan, banyak lah memiliki networking dari orang-orang yang usianya lebih senior dari kalian. Minimal 3 tahun diatas kalian.  Yah, Setidaknya, saat kalian lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan, kalian akan merasakan manfaat tersebut. Bisa jadi di tempat mereka bekerja ada lowongan pekerjaan, atau bisa jadi mereka bisa mengarahkan atau memberi info dimana bisa mendapat info pekerjaan atau pun menghadapi hiruk-pikuk dunia kerja saat ini.

Lalu apa yang harus dilakukan jika kita Bekerja di bidang yang tidak sesuai ?
Terus terang, saya pernah mengalami hal ini. Jadi saya akan bercerita sedikit, nanti kalian simpulkan sendiri. Saya memiliki passion di dunia seni, dan pernah bercita-cita bekerja di Majalah. Saya mencoba beberapa tes masuk ke jurusan seni / desain universitas negeri di kota saya, namun gagal. Pada akhirnya , saya kuliah di Psikologi. Lalu apakah saya mendapatkan apa yang saya inginkan? Bekerja di Majalah sesuai cita-cita saya semasa kecil, atau bekerja di pekerjaan terkait Psikologi ? Seiring berjalannya waktu, Semua nya tercapai! Yap. Apakah saya beruntung? Semua orang berkata saya beruntung, saya punya hoki ,bla bla bla. Tapi mereka nggak pernah tahu seperti apa perjalanan' yang sudah saya tempuh dan situasi apa yang saya lewati. "People only knows that l was lucky, without knowiing who the hell i'm fighting about my dreams and my real ideal job today". 

Singkat kata, sebelum bekerja sebagai HRD selama 3 tahun seperti sekarang ini, saya sebelumnya pernah bekerja di Femina Group selama 3 tahun, sebuah Grup Majalah Nasional NO.1 dijamannya. Wah, tidak tanggung-tanggung ya. Iya memang.. Tetapi saya merintisnya dari saya punya mimpi sewaktu SD. Dari kecil saya suka koleksi artikel, Smp saya mulai belajar menulis, Sma saya belajar Gambar manual, dan sewaktu Kuliah saya sudah belajar beberapa Aplikasi Design seperti Illustrasi, Photoshop. 

Bahkan sebelum bergabung dengan Grup Majalah tersebut, saya sudah sering mengirimkan karya-karya saya sebagai freelance (dan dimuat beberapa kali!). Selesai bekerja di Grup Majalah ini, saya memutuskan kembali ke Surabaya karean ingin dekat dengan keluarga, dan pada akhirnya saya melamar sebagai HRD saat salah seorang teman lama menawari saya. Awalnya ragu, tapi saya memberanikandiri untuk men-challenge diri saya di "Bidang Baru" yang sebenarnya memang ini bidang saya. Awalnya memang susah dan butuh belajar dari Nol, but well, here Iam, 3 tahun bekerja di Mnaufaktur sebagai HR Recruitment & Training Officer.

Jadi, overall, tidak ada salahnya kalau kalian pernah kesasar' , tetapi yang perlu diperhatikan adalah, ketika salah jalan tersebut, kalian harus tetap belajar apa yang sedang diberikan oleh Tuhan kepada kalian. KIta tidak akan pernah tahu, apa yang terjadi di depan, bisa jadi yang sedang kalian sukai , tekuni, dan perdalam saat ini akan membuka pintu rejeki kalian ataupun orang lain.Atau bisa jadi itu masa depan kalian sendiri :D



Keep Spirit'






Comments

Popular Posts